daftar game yang rilis bulan november
Berita Game

Daftar Game PS5 dan PS4 yang Dirilis November 2023, Ada “Call of Duty: Modern Warfare III”

Gamer pemilik konsol PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 4 (PS5), siap-siap merogoh kocek dan menyiapkan waktu luang. Sebab, ada banyak game seru yang bisa dinikmati pada bulan November 2023.

Sejumlah game yang diluncurkan pada bulan ke-11 ini diterbitkan oleh berbagai studio kenamaan, mulai dari Sega, Activision, hingga Bandai Namco Entertainment.

Deretan game tersebut mencakup genre yang bervariasi, seperti first person shooter (FPS), fighting, manajemen, dan masih banyak lagi. Simak daftar game baru November 2023 di bawah ini.

1. Football Manager 2024

Game pertama dalam list ini adalah Football Manager 2024 (FM 2024). Permainan dengan genre olahraga ini memungkinkan gamer untuk berperan sebagai manajer klub sepak bola. Dalam FM 2024, pemain bakal memilih klub sepak bola yang ingin dikelola dan liga yang ingin diikuti.

Pilihan liga cukup beragam, mulai dari Ligue 2 BKT di Prancis, Bundesliga 2 di Jerman, hingga yang terbaru J.League di Jepang. Liga J.League dibagi menjadi tiga divisi, yakni J1 League, J2 League, dan J3 League. Totalnya ada puluhan tim yang bisa dipilih dari liga itu.

Nantinya pemain akan berusaha membawa klub yang dipilih menjadi tim terbaik di dunia. Caranya, pemain bakal merombak tim dengan melakukan perekrutan atlet, melatih pesepak bola yang mempunyai potensi, dan mengatur taktik yang akan digunakan dalam pertandingan.

Football Manager 2024 segera diluncurkan pada 6 November 2023 di konsol PS5. Pengguna bisa meminang game ini dengan harga Rp 620.000.

2. The Invincible

Jika ingin game yang lebih menitikberatkan aspek cerita, pengguna boleh melirik game petualangan bertajuk The Invincible. Game ini merupakan adaptasi dari novel karya penulis dan filsuf asal Polandia, Stanislaw Herman Lem.

Pengguna bermain sebagai Yasna, seorang ahli astrobiologi (studi kehidupan di alam semesta) yang cerdas. Yasna merupakan bagian dari kru yang sedang menjelajahi planet Regis III untuk mempelajari apakah lingkungan planet tersebut layak menaungi manusia atau tidak.

Suatu saat, kru ini terpencar. Oleh karena itu, Yasna mesti mencari sejumlah rekan-rekannya yang hilang sebelum pulang ke bumi.

Yasna akan menjelajahi planet misterius tersebut, mengerjakan puzzle, dan berinteraksi dengan berbagai makhluk aneh demi mencari temannya itu.

Menariknya, game ini tidak memiliki sistem pertarungan (combat). Jadi, game ini bisa dibilang mirip Firewatch dan What Remains of Edith Finch yang juga lebih fokus pada cerita, karakter, eksplorasi, dan suasana lingkungan yang mengesankan (immersive).

The Invincible menyambangi konsol PS5 pada 6 November 2023. Sampai saat ini, Starward Industries selaku developer belum mengumbar harga beli game singleplayer tersebut.

3. Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name

Like a Dragon sendiri sebelumnya mengusung nama Yakuza, sebelum akhirnya di-rebrand agar lebih sesuai dengan nama orisinalnya dalam bahasa Jepang. Game dengan sub-judul The Man Who Erased His Name ini diposisikan di antara game Yakuza 6: The Song of Life (2016), Yakuza: Like a Dragon (2020), dan Like a Dragon: Infinite Wealth yang dirilis 2024 nanti.

Like a Dragon Gaiden menceritakan kisah Kiryu Kazuma yang memalsukan kematiannya sendiri dan meninggalkan namanya demi melindungi keluarganya. Kiryu kini beroperasi sebagai agen rahasia dengan kode nama Joryu.

The Man Who Erased His Name masih mengusung mekanisme permainan beat ‘em up seperti sejumlah prekuelnya. Artinya, Kiryu bakal menghajar sejumlah musuh sekaligus dengan tangan kosongnya. Bedanya, game teranyar ini memungkinkan Kiryu untuk menggunakan dua mode bertarung yaitu “Yakuza Style” dan “Agent Style”.

Serangan “Yakuza Style” cenderung lebih liar dengan menggunakan tangan kosong, sedangkan Agent Style menggunakan peralatan modern seperti kabel listrik. Like a Dragon Gaiden menyambangi konsol PS4 dan PS5 mulai 9 November 2023. Game brawler ini dibanderol dengan harga Rp 510.000.

4. Call of Duty: Modern Warfare III

Beralih ke game multiplayer, ada Call of Duty: Modern Warfare III (CoD: MW3) yang bakal meramaikan bulan November 2023. Game ini merupakan sekuel dari Call of Duty: Modern Warfare II keluaran 2022 lalu.

MW3 bercerita tentang Captain Price dan unit operasi Task Force 141 dalam perjalanannya untuk menumpas Vladimir Makarov, yakni tokoh nasionalis ekstrem di balik invasi Rusia ke Amerika Serikat. Seperti prekuelnya, alur cerita ini akan dikemas dengan gameplay dan cutscene yang sinematik. Perbedaan terletak pada implementasi misi baru bertajuk “Open Combat Missions”.

“Open Combat Missions” mengizinkan pemain untuk menyelesaikan misi dengan berbagai cara, misalnya dengan cara menyusup (stealth) atau lebih rusuh dengan terjun langsung ke medan pertempuran (run n’ gun). Perlengkapan yang digunakan berbeda tergantung pendekatan pengguna dalam menyelesaikan misi, misalnya peredam senjata untuk stealth dan armor untuk run n’ gun.

Untuk multiplayer, Activision mengonfirmasi akan menghadirkan mode klasik seperti “Kill Confirmed”, “Ground War”, dan “Hardpoint”. Ada pula mode “Cutthroat” baru yang mempertemukan sembilan pemain dalam tiga tim (3v3v3). Game ini juga memperkenalkan mode “Zombies” dengan peta paling besar dalam sejarah Call of Duty. Pemain dan gamer lainnya akan menelusuri dunia terbuka (open-world) ini untuk melawan zombi “Dark Aether”.

Call of Duty: Modern Warfare III resmi diluncurkan pada 10 November 2023 untuk PS5 dan PS4. Game ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 1 juta.

5. Naruto x Boruto Ultimate Ninja Storm Connections

Game terakhir dalam daftar ini adalah Naruto x Boruto Ultimate Ninja Storm Connections untuk konsol PS5 dan PS4. Naruto x Boruto merupakan kompilasi dari keempat game Naruto Ultimate Ninja Storm (UNS) yang membawa grafik lebih baik, frame rate lebih tinggi, mode cerita baru, dan karakter anyar. Terkait frame rate, Naruto x Boruto di PS5 mendukung gameplay 60 FPS, tetapi PS4 hanya mentok di 30 FPS saja. FPS yang lebih tinggi membuat permainan menjadi lebih mulus alias tidak patah-patah.

Mode cerita baru di Naruto x Boruto dibagi menjadi dua, pertama untuk Uzumaki Naruto dan kedua untuk Uzumaki Boruto. Mode Naruto dinamai “History Mode”, yang memungkinkan pemain menyaksikan masa kecil Naruto hingga duel terakhir melawan Uchiha Sasuke.

Di sisi lain, mode Boruto bertajuk “Special Story Mode”. Dalam mode ini, Boruto berusaha untuk mencegah “Perang Dunia Ninja Kelima”. Mode ini memperkenalkan karakter orisinal baru seperti Nanashi dan Merz. Bicara soal karakter, Naruto x Boruto menghadirkan 130 karakter dari seluruh seri UNS, termasuk karakter baru yang mencakup Jigen, Kawaki, Kashin Koji, Delta, Uzumaki Naruto (Mode Baryon), dan lain-lain.

Anda mungkin juga suka...