Berita Game

Mengetahui Spul Motor, Bagian Vital Dalam Kelistrikan Kendaraan

Jakarta – Setiap bagian dalam cara kelistrikan motor mengontrol peranan penting sebagai sumber daya yang menggerakkan kendaraan. Salah satu bagian vital hal yang demikian antara lain merupakan spul motor.

Spul motor berfungsi sebagai spaceman pembangkit daya listrik untuk kebutuhan daya berbagai bagian lainnya dalam mesin motor, mulai dari aki, lampu sein, hingga klakson. Berikut panduan mengenai definisi, ciri dan elemen penyebab rusaknya spul motor.

Apa Itu Spul Motor?
Mengutip dari web Suzuki dan Astra Honda, spul atau generator motor merupakan bagian yang terdiri dari kumparan atau lilitan kawat tembaga dalam jumlah tertentu untuk menjadikan sumber daya listrik.

Ada dua variasi arus listrik yang dialirkan dari spul motor, merupakan arus listrik AC (arus bolak-balik) dan arus listrik DC (arus paralel). Berbeda dengan arus DC yang telah bergerak paralel, arus listrik AC perlu melewati kiprok lebih-lebih dulu untuk kemudian disalurkan kekuatannya ke busi, CDI, lampu, dan bagian lainnya.

Ciri-ciri Spul Motor Rusak
Spul motor sepatutnya dirawat dengan ekstra, karena jikalau rusak, maka spul tidak bisa menjadikan daya listrik, sehingga motor bisa gagal distarter. Mengutip dari web dealer resmi Yamaha Deta, berikut ciri-ciri kerusakan pada spul motor yang sepatutnya diwaspadai:

1. Lampu Motor Meredup
Ciri pertama yang membuktikan adanya kerusakan pada spul motor merupakan lampu motor yang meredup. Kenapa demikian? Dikala spul rusak, bagian pembangkit daya listrik ini tidak bisa menyuplai cukup daya untuk menyokong cara penerangan motor. Hasilnya, nyala lampu motor pun menjadi redup.

2. Mesin Motor Melemah
Tak cuma cara penerangan motor yang terdampak kerusakan spul, daya listrik yang kurang memadai dari spul juga berpengaruh pada menurunnya kinerja mesin perangkat motor. Sehingga, akselerasi motor terasa lebih lambat dari sebelumnya.

3. Meningkatnya Konsumsi Bahan Bakar
Dikala spul motor rusak, cara pembakaran bahan bakar dan udara pun menjadi tidak optimal pengaruh tegangan rendah. Hasilnya, mesin motor menjadi boros bensin.

4. Spul Motor Terbakar
Bagian spul motor yang mengalami korsleting bisa menyebabkan overheating yang berujung pada terbakarnya spul itu sendiri. Terbakarnya spul umumnya ditandai oleh timbulnya bau hangus yang berasal dari mesin motor.

Elemen Penyebab Kerusakan Spul
Sesudah mengetahui pedoman-pedoman rusaknya spul, lantas apa sebetulnya elemen penyebabnya? Berikut penjelasannya:

1. Menumpuknya Kotoran di Spul Motor
Kendaraan motor, lebih-lebih bagian spul sepatutnya dibersihkan secara terencana . Apalagi penggunaan motor sehari-hari rentan terpapar debu jalur atau air hujan. Kotoran yang dibolehkan terus menumpuk lama-kelamaan akan menyebabkan spul jadi berkarat dan tidak bisa bergerak dengan mulus. Pada motor matic, spul lebih rawan lagi rusak pengaruh kotoran, karena letaknya yang sedikit terbuka.

2. Kurang Oli
Spul yang berprofesi dalam mengerjakan motor tiap harinya membutuhkan asupan oli agar tetap awet. Kecuali sebagai pelumas kumparan spul, oli juga berfungsi untuk mendinginkan spul motor biar nggak kencang panas. Nah, untuk menghindari kerusakan spul, pastikan kamu mengisi oli motor secara rutin ya.

3. Penerapan Motor Terus-menerus
Berhubungan dengan skor sebelumnya, spul yang diforsir untuk menggerakkan motor tanpa henti lama-kelamaan akan aus dan panas, sehingga kencang rusak.

4. Modifikasi Bagian Listrik yang Melebihi Kapasitas
Modifikasi motor sebetulnya boleh-boleh saja, tetapi jikalau berlebihan bisa berpengaruh buruk pada motor. Umpamanya, kian banyak lampu yang dipasang maka bagian spul makin kencang panas karena sepatutnya menyediakan banyak daya.

Karena itu, modifikasi perangkat motor juga sepatutnya disertai dengan daya spul yang besar. Dapat dengan menambahkan gulungan atau mengganti kiprok.

Dari penjelasan di atas, cara terbaik untuk merawat spul motor agar tetap awet merupakan dengan rutin membersihkan bagian spul dan mengisi oli mesin serta memodifikasi motor seperlunya. Semoga artikel ini menambah pemahaman Detikers tentang spul motor.

Anda mungkin juga suka...